kenali sebab dan pengobatan kifosis


Kyphosis adalah kelainan pada tulang belakang yang membuatnya melengkung ke luar secara tidak normal, sehingga punggung bagian atas tampak bulat keluar (roundback) atau bahkan membungkuk. Gejala mungkin termasuk pembulatan bahu, benjolan yang nyata di punggung bagian atas, kelelahan, kekakuan tulang belakang, paha belakang yang kencang, dan nyeri punggung ringan. Jika lengkungan berlanjut dengan waktu, Anda juga bisa kehilangan sensasi, merasakan kelemahan, kesemutan, atau mati rasa di kaki Anda, dan bahkan mengalami kesulitan bernapas dan sesak napas.

Kyphosis bisa merupakan hasil dari postur yang buruk (kyphosis postural), genetika (kyphosis bawaan), atau kelainan tulang belakang (kyphosis Scheuermann). Dua bentuk pertama dari masalah ini cenderung terjadi pada masa remaja dan biasanya tidak memerlukan perawatan karena tidak memiliki efek samping utama. Namun, latihan khusus dan penyangga pendukung yang bertujuan memperkuat tulang belakang dapat membantu jika kondisi Anda buruk.
Pada orang dewasa, kyphosis bisa merupakan hasil dari cedera traumatis yang patah satu atau lebih vertebra (kyphosis pasca-trauma) atau penuaan dan masalah terkait seperti patah tulang belakang, kelemahan otot, dan osteoporosis (kyphosis yang berhubungan dengan usia). Kyphosis yang terkait dengan cedera dapat menyebabkan pembengkakan kronis, saraf terjepit, kelelahan otot di sekitar tulang belakang, degenerasi progresif tulang belakang Anda, dan kesulitan duduk. Yang terakhir dapat berarti kesulitan bergerak dan melakukan aktivitas normal, kekakuan, pengurangan ketinggian, dan rasa sakit.

Pengobatan kifosis yang disarankan oleh Artria:

1. Kembali Brace Dan Sisipan Sepatu Untuk Memperbaiki Kelengkungan Tulang Belakang Dan Meringankan Nyeri

Penjepit dapat membantu menawarkan dukungan tulang belakang dan bahkan dapat mengurangi timbulnya kejang otot.Dokter biasanya menyarankan ini untuk anak-anak dan remaja yang tubuhnya masih tumbuh, seperti yang sering terjadi pada pasien kyphosis Scheuermann. Anda perlu memakai brace selama beberapa jam dan mengunjungi dokter Anda pada jadwal yang tetap sehingga mereka dapat menyesuaikan brace karena kurva tulang belakang Anda mengoreksi dirinya sedikit demi sedikit. Dalam kebanyakan kasus, brace perlu digunakan oleh anak sampai pertumbuhan mereka selesai dan tubuh mereka telah mencapai kematangan tulang. 5
Untuk orang dewasa yang kerangka kematangannya sudah tercapai, brace tidak bisa mencegah kelengkungan tulang belakang tetapi akan mengurangi rasa sakit. Bagi mereka yang memiliki perbedaan panjang kaki juga, sisipan atau pengangkatan sepatu orthotic dapat sangat mengurangi nyeri punggung.


2. Terapi Fisik Untuk Postur Ereksi Dan Menghilangkan Rasa Sakit

Latihan dan terapi fisik penting jika Anda orang dewasa dengan kyphosis. Penelitian telah menemukan bahwa penguatan tulang belakang dan pelatihan postur dapat membawa hasil paling cepat 6 bulan ke dalam rutinitas, memperbaiki gejala kyphosis seperti kelengkungan tulang belakang.
Antara lain, terapis fisik Anda akan mengajarkan Anda latihan khusus yang membantu memperbaiki dan mempertahankan postur tubuh yang tegak. Ini akan mencakup :

  • Latihan postur tubuh
  • Latihan pernapasan dalam untuk membantu meningkatkan pernapasan dan kapasitas pernapasan
  • Latihan mobilitas umum
  • Latihan bahu dan kaki
  • Batuk dan terengah-engah yang didukung

Posisi berbaring tengkurap juga dianjurkan untuk membantu mengurangi ketegangan pada punggung.

3. Sinar Matahari Dan Vitamin D Dan Makanan Kalsium Untuk Memudahkan Kyphosis Terkait Osteoporosis

Jika kyphosis Anda adalah akibat dari osteoporosis, Anda mungkin dapat membendung perkembangan masalah tulang belakang dengan merawat osteoporosis Anda. Cara alami untuk melakukan ini adalah dengan meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D melalui diet dan paparan sinar matahari.
Konsumsi makanan kaya kalsium : Pilihan Anda termasuk susu, yogurt, dan produk susu seperti keju, kacang-kacangan dan polong-polongan, buah-buahan kering seperti buah ara, sayuran seperti bayam, brokoli, labu, dan okra, tahu, jus jeruk yang diperkaya, biji wijen, dan makanan laut seperti ikan tenggiri atau salmon.
Memiliki makanan kaya vitamin D : Tingkatkan asupan vitamin D diet Anda dengan mengonsumsi ikan berlemak seperti makarel, tuna, atau salmon, keju, daging organ seperti hati sapi, atau kuning telur.
Dapatkan sinar matahari : Meskipun Anda bisa mendapatkan vitamin D melalui diet, paparan sinar matahari tetap menjadi salah satu cara paling efektif untuk membantu tubuh Anda menghasilkan vitamin secara internal. Kombinasikan waktu sinar matahari Anda dengan beberapa olahraga seperti berjalan; atau hanya duduk atau berbaring di bawah sinar matahari setiap hari selama beberapa saat untuk menyerap sinar. 16 Berapa banyak waktu yang Anda perlukan untuk duduk di bawah sinar matahari tergantung pada warna kulit Anda, dengan orang-orang berkulit putih membutuhkan waktu lebih sedikit daripada orang-orang berkulit lebih gelap. Ini bisa berarti 15-20 menit hingga satu jam atau lebih.

4. Berenang Dan Latihan Menurunkan Berat Badan Untuk Meningkatkan Mobilitas

Olahraga dapat membantu mereka yang menderita kyphosis - kuncinya adalah memilih latihan yang tidak menggelegar. Jalankan mereka oleh dokter dan terapis fisik Anda terlebih dahulu. Berenang biasanya merupakan pilihan yang baik.
Pertahankan tingkat aktivitas yang tinggi secara teratur untuk meningkatkan dan mempertahankan mobilitas, termasuk latihan peregangan, dan bekerja untuk memperkuat otot punggung dan otot inti. Pilates dan yoga dapat bekerja dengan baik.
Latihan menahan beban bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami penuaan atau osteoporosis terkait kyphosis.

5. Yoga untuk melatih kembali postur dan memperkuat otot punggung / inti dan tulang

Para peneliti percaya bahwa ada potensi yoga untuk membantu membuat mereka dengan kyphosis lebih tegak. Asanas bekerja dengan memperkuat otot-otot tulang belakang dan inti dan meregangkan otot-otot bahu untuk memungkinkan Anda melatih postur Anda juga.
Yoga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang, keseimbangan, risiko yang lebih rendah jatuh, dan mengurangi kyphosis pada orang tua, populasi rentan terhadap kyphosis terkait usia dan osteoporosis.
Backbends yang didukung dapat membantu meregangkan ligamen tulang belakang, otot dada pendek, dan otot perut yang baik untuk mereka yang mengalami kyphosis. Berhati-hatilah untuk tidak melakukan overextend atau bekerja terlalu keras pada daerah serviks dan lumbar dan sebaliknya fokus pada midback Anda.
Peregangan 2 menit atau lebih adalah yang terbaik untuk bekerja jaringan ikat. Backbend yang didukung seperti yang tercantum di bawah ini dapat membantu. Pastikan untuk tidak memaksakan diri sehingga Anda kesakitan. Anda harus dapat bernapas dengan nyaman saat melakukan pose ini.

Kunjungi juga:




Subscribe to receive free email updates: